Buka Puasa dengan Pilihan Menu Tepat dan Sehat
18 May 2018
Hidup Seimbangku
Share

Buka Puasa dengan Pilihan Menu Tepat dan Sehat

            Puasa menjadi salah satu kewajiban yang harus dilakukan saat bulan Ramadan. Puasa berarti menahan lapar dan haus dari mulai terbit hingga tenggelamnya matahari. Tidak hanya tentang menahan lapar dan haus pada siang hari, agar tetap sehat berpuasa selama Ramadan, Anda harus mengonsumsi makanan sehat.

            Makanan manis dengan tinggi gula dan menu-menu berlemak nan tinggi kalori, serta dikonsumsi dalam jumlah berlebihan saat berbuka dan sahur menjadi pilihan menu yang salah. Pilihan menu tersebut bisa saja membuat tubuh Anda dehidrasi, haus pada siang hari, hingga sakit setelah beberapa hari berpuasa.

            Agar keesokan hari Anda tetap bertenaga saat puasa, berikut ini terdapat beberapa tips berbuka puasa dengan pilihan menu yang tepat dan sehat:

  • Kadar gula darah bisa menjadi rendah saat siang hari, sehingga membuat Anda sakit kepala dan pusing. Oleh karena itu, mulailah berbuka puasa dengan dua buah kurma. Kurma dapat mengembalikan kadar gula darah ke keadaan normal, tanpa menaikkannya terlalu tinggi.
  • Pastikan Anda minum cukup air, jus atau yogurt sebelum mulai makan makanan berat. Cara ini bisa mencegah dehidrasi dan memberikan tubuh asupan cairan esensial.
  • Konsumsi makanan berat dengan porsi sedang, jangan terlalu berlebihan, untuk menjaga kesehatan tubuh. Makanan berat tersebut harus terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan serat. Vitamin, mineral dan serat bisa Anda dapatkan dari sayuran, yang akan membuat Anda kenyang lebih lama dan menahan untuk mengonsumsi kalori lebih banyak.

Baca juga: Atur Asupan Hidangan Manis Selama Ramadan 

8 Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil?