BUAT PERNAPASAN KAMU LEGA DENGAN MENGONSUMSI MAKANAN BERIKUT
25 October 2018
Hidup Seimbangku
Share

BUAT PERNAPASAN KAMU LEGA DENGAN MENGONSUMSI MAKANAN BERIKUT

            Paru-paru memiliki peran penting dalam membantu fungsi tubuh. Asupan makanan yang tidak baik, dapat menurunkan fungsi paru-paru, bahkan dapat memicu timbulnya penyakit, seperti asma yang diderita oleh 235 juta orang, menurut WHO, organisasi kesehatan dunia.

           Cara terbaik untuk menjaga kesehatan paru-paru selain rutin berolahraga adalah mengonsumsi makanan sehat. Beberapa makanan sehat yang dapat membantu menjaga kesehatan paru-parumu, seperti:

 

Apel

Para peneliti telah menghubungkan fungsi paru-paru yang baik dengan asupan vitamin C, E dan beta-karoten yang tinggi. Berbagai nutrisi tersebut terkandung di dalam apel. Selain itu, apel juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi paru-paru dan berbagai radikal bebas.

 

Kacang kenari

Merupakan sumber asam lemak omega-3, yang dapat membantu melawan asma dan kondisi pernapasan lainnya. Asam lemak omega-3 dianggap sebagai nutrisi anti-inflamasi dengan efek protektif pada penyakit inflamasi.

 

Beri-berian

Acai beri dan blueberi menjadi dua jenis buah beri yang paling efektif membantu menjaga kesehatan paru-paru. Mereka kaya akan antioksidan, seperti vitamin C, yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel.

 

Brokoli

Brokoli tinggi kandungan vitamin C, karotenoid, folat dan fitokimia yang melawan unsur-unsur perusak paru-paru. Brokoli dikatakan memiliki konstituen aktif yang disebut L-sulforaphane, yang menipu sel untuk mengaktifkan gen anti-inflamasi, sehingga mencegah timbulnya masalah pada sistem pernapasan.

 

Cabe rawit

Capsaicin dalam cabai rawit membantu merangsang sekresi dan melindungi selaput lendir dari saluran pernapasan atas dan bawah.

 

Jahe

Jahe tidak hanya memiliki sifat anti-inflamasi, tetapi juga membantu detoksifikasi dan mengeluarkan polutan, serta radikal bebas yang terdapat pada paru-paru. Jahe membantu dalam mengurangi tersumbatnya saluran udara, membuka saluran udara dan meningkatkan sirkulasi ke paru-paru.

 

Bawang putih

Bawang putih mengandung flavonoid yang merangsang produksi glutathione, sehingga dapat membantu mengeluarkan racun dan karsinogen dari dalam paru-paru, serta membantu paru-paru berfungsi lebih baik.

 

Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang didapat dari senyawa kurkumin di dalamnya. Senyawa ini membantu meredakan radang saluran udara dan sesak dada yang berhubungan dengan asma.

 

Air

Air menjadi pilihan terbaik untuk proses detoksifikasi tubuh. Karena jika paru-paru kurang mendapat asupan air, paru-paru akan menjadi kering, sehingga rentan terhadap iritasi dan peningkatan peradangan. Oleh karena itu, yuk, jaga kesehatan paru-paru dengan minum TOTAL 8+ enam hingga delapan gelas setiap hari.

 

Baca juga: Deteksi Penyakit Berat Melalui Napas 

8 CARA ALAMI OBATI SESAK NAFAS TANPA OBAT?