Berkenalan Dengan Superfood, Chia Seeds
21 March 2018
Hidup Seimbangku
Share

Berkenalan Dengan Superfood, Chia Seeds

            Chia seeds menjadi salah satu superfood saat ini, karena mengandung beragam nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Sekilas chia seeds tampak mirip dengan biji selasih, tapi sebenarnya keduanya berbeda. Saat direndam, chia seeds menghasilkan cairan kental dan lengket, berbeda dengan biji selasih yang hanya mengembang.

            Chia seeds sendiri berasal dari Meksiko, ditemukan pertama kali oleh suku Aztec pada awal tahun 3500 SM. Chia seeds dinilai sangat berhargai oleh para suku Aztec, sehingga membuatnya menjadikan chia seeds sebagai mata uang.

            Dalam bahasa Maya, chia berarti Kekuatan. Dinamakan seperti itu, karena jika seseorang mengonsumsi chia seeds akan meningkatkan energi dan daya tahan tubuh hingga 24 jam. Seiring berjalannya waktu, chia seeds seringkali dijadikan konsumsi utama para pelari, karena dapat membantu meningkatkan tenaga saat berlari.

            Asam lemak omega-3 yang terdapat di dalam chia seeds dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam darah (kolesterol baik yang dapat membantu melindungi tubuh dari risiko serangan jantung dan stroke).

            Kandungan protein pada chia seeds 14 persen lebih banyak dibandingkan biji-bijan lainnya. Salah satu protein yang terdapat pada chia seeds adalah asam amino esensial, yang diperlukan untuk menjaga fungsi kardiovaskular, kekebalan tubuh, reproduksi dan kesehatan sistem saraf.

            Asam amino esensial juga dapat membantu tubuh mengeluarkan toksin, mengatur detak jantung, tekanan darah dan melawan infeksi. Dalam 100 gram chia seeds mengandung 11 gram serat. Jumlah ini hampir memenuhi setengah jumlah serat harian yang dibutuhkan seseorang, yakni 25 gram. Cara mengonsumsi chia seeds sangat mudah. Cukup rendam chia seeds di dalam cairan, bisa air putih maupun susu. Lama-kelamaan chia seeds akan mengembang dan teksturnya menjadi lebih lengket seperti slime.

            Anda bisa menjadikan chia seeds sebagai tambahan pada makanan atau minuman. Chia seeds tidak akan merubah rasa makanan atau minuman Anda. Selain bisa dikonsumsi dalam bentuk utuh, chia seeds juga bisa dihaluskan menjadi bubuk/tepung, yang kemudian bisa Anda gunakan sebagai pengganti tepung terigu pada pembuatan kue.          

            Beberapa orang yang baru saja mengonsumsi chia seeds diketahui memiliki masalah ketidaknyamanan pada bagian perut. Ini normal karena kandungan serat yang tinggi pada chia seeds. Untuk menghindari ketidaknyamanan ini, Anda bisa mengimbanginya dengan banyak minum air putih.

 

Baca juga: Pilihan Menu Tepat Untuk Sarapan

BAHAYA MEROKOK BAGI WANITA