Atur Asupan Hidangan Manis Selama Ramadan
17 May 2018
Hidup Seimbangku
Share

Atur Asupan Hidangan Manis Selama Ramadan

            Saat berbuka puasa, hidangan dengan citarasa manis biasa menjadi pilihan utama, seperti sop buah dan es campur. Namun tahukah Anda, bahwa pilihan hidangan tersebut merupakan cara yang salah?

            Hidangan manis yang dikonsumsi terus-menerus, setiap hari dan dalam jumlah yang berlebihan tentu saja tidak akan baik bagi tubuh. Terlalu banyak dan terlalu sering mengonsumsi hidangan manis bisa saja meningkatkan kadar gula dalam darah Anda, memperlambat kerja sistem pencernaan, hingga berkontribusi terhadap meningkatnya berat badan.

            Sebenarnya, hidangan manis boleh-boleh saja Anda konsumsi setelah berbuka puasa. Namun, pastikan Anda mengonsumsinya 2-3 jam setelah berbuka puasa.

            Dalam jumlah sedang hingga sedikit, hidangan manis tersebut masih boleh saja untuk Anda konsumsi. Namun, tidak ada salahnya untuk mengganti hidangan manis tersebut dengan hidangan lain, seperti makanan dan minuman dengan rendah gula, serta rendah lemak.

            Penggunaan gula rendah kalori juga bisa jadi pilihan Anda sebagai bahan pemanis tambahan dalam hidangan berbuka puasa. Hindari penambahan madu, gula pasir dank rim.

 

Baca juga: 3 Buah yang Baik Untuk Berbuka Puasa 

Kenali 6 Tanda Metabolisme Terganggu Bikin Tubuh Gampang Gemuk?