6 Langkah Detoks Sehat Setelah Kalap Makan Saat Lebaran
03 July 2016
Hidup Seimbangku
Share

6 Langkah Detoks Sehat Setelah Kalap Makan Saat Lebaran

Lebaran adalah moment yang paling dinanti-nanti oleh setiap umat muslim, setelah berpuasa selama 30 hari, akhirnya datang juga hari yang paling ditunggu-tunggu. Yaitu, hari kemenangan.

Salah satu hal yang paling dinanti saat Lebaran adalah tersedianya makanan khas yang hanya disajikan di momen tersebut. Mulai dari ketupat, opor ayam, rendang, sambal goreng ati, semur ayam, hingga gulai sapi, wajib hadir di atas meja makan dan bersiap untuk memanjakan lidah kamu.

Mengotrol diri untuk tidak terlalu banyak menyantap masakan-masakan di atas? Aduh, sepertinya sulit banget deh, apalagi setelah sebulan kamu menahan diri. Rasanya moment ini adalah moment yang pas untuk memanjakan lidah dan perut.

Setiap kali berkunjung ke sanak saudara, kamu pasti akan disuguhkan berbagai makanan lezat tersebut, kamu bisa makan hinggal 5 kali sehari. Belum lagi makanan tersebut mengandung banyak santan dan minyak. Tentu saja, kadar lemaknya juga banyak!

Nah, oleh karena itu tubuh butuh detoksifikasi untuk membuang racun-racun yang didapat dari makanan selama Lebaran tersebut. Dengan mengikuti 6 langkah detoks sehat berikut, racun-racun dalam tubuh dapat terbuang dengan mudah:

1. Konsumsi banyak air

Dengan meminum banyak air putih, zat-zat racun dalam tubuh dapat terbuang dengan sendirinya melalui saluran pembuangan. Atau kamu juga dapat meminum Air Alkali sebagai pengganti air putih, dengan begitu kadar asam yang ada pada dalam tubuh akan kembali netral.

2. Batasi konsumsi kalori

Nah, yang satu ini agak sulit sih. Jadi, kebutuhan kalori rata-rata adalah 1400 – 1600 saja. Kalori biasa di dapat dari makanan-makanan berat yang mengandung banyak karbohidrat, contohnya adalah nasi dan ketupat. Untuk menjaga kadar kalori, kamu kurangi saja makan nasi dan ketupatnya. Keuntungan lainnya, kamu juga jadi bisa mencicipi berbagai jenis lauk lainnya lho. Tapi inget ya, jangan terlalu banyak juga :D

3. Pilih menu sarapan yang sehat

Dengan memilih sarapan yang sehat, kamu dapat menyeimbangkan kadar gizi di dalam tubuh. Apalagi selama sebulan sebelumnya, kamu nggak pernah sarapan karena berpuasa. Setelah ramadhan berakhir, kamu harus membiasakan sarapan pagi kembali yah!

4. Makan sayuran hijau dan buah-buahan.

Menyeimbangkan lemak dan kolesterol yang masuk kedalam tubuh karena sajian-sajian lebaran adalah dengan mengonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan. Kandungan serat dan mineralnya sangat berguna untuk menetralkan racun-racun yang masuk ke dalam tubuh hingga membuangnya melalui saluran cerna.

Baca juga : Ini dia! Cara Membuat Kue Lebaran Menjadi Lebih Rendah Kalori Dan Nggak Bikin Gemuk

5. Hindari Makanan Tak sehat

Saat Lebaran kamu bisa berkali-kali mengonsumsi makanan berminyak dan berlemak, kini saatnya kembali hidup sehat. Sudah cukup kan puas-puasin makannya kemarin? Nah sekarang, sebisa mungkin hindari makanan yang mengandung gula buatan, bahan pengawet, banyak lemak,  dan minuman bersoda.

6. Tetap berolahraga

Saatnya beraktivitas seperti biasanya, berolahraga tentu saja membuat tubuh kamu sehat dan bebas dari segala macam penyakit. Dengan berolahraga, timbunan lemak pada tubuhmu akan terbakar dan pastinya akan membentuk tubuhmu kembali menjadi bentuk ideal.

Nah, itu dia 6 cara detoks sehat setelah lebaran. Jangan lupa untuk dilakukan yah Ladies! Selamat hari raya idul fitri. Mohon maaf lahir dan batin.