5 Makanan Tak Terduga yang Bisa Bikin Badan Cepat Lemas dan Capek
04 January 2018
Hidup Seimbangku
Share

5 Makanan Tak Terduga yang Bisa Bikin Badan Cepat Lemas dan Capek

Setiap makanan yang kita makan pada dasarnya akan diubah menjadi energi yang kita pakai untuk beraktivitas. Namun ternyata, ada beberapa makanan yang tanpa kita sadari justru membuat badan cepat lelah. Bukannya malah makin semangat, rasanya ingin langsung tidur siang saja setelah makan makanan ini. Nah, lho! Kira-kira, apa saja ya makanan yang bikin badan malah cepat lelah?

Daftar makanan penyebab badan cepat lemah, letih, lesu

1. Pisang

pisang mengandung tinggi magnesium yang bisa membuat tubuh jadi lebih cepat lelah. Dalam tubuh, magnesium bekerja membuat otot rileks. Magnesium juga dikenal sebagai mineral pemicu ngantuk karena membantu mengatur siklus tidur, menenangkan sistem saraf, dan membantu menonaktifkan adrenalin, hormon yang membuat Anda melek dan waspada.

Maka tidak heran jika Anda jadi cepat mengantuk dan merasa lemas ketika makan makanan tinggi magnesium di siang hari.

2. Roti

Roti merupakan salah satu makanan yang memiliki nilai indeks glikemik tinggi. Karbohidrat sederhana dalam roti akan membuat gula darah Anda melonjak tinggi untuk kemudian cepat menurun secara drastis, sehingga Anda merasa lebih lemas dan mengantuk karena kekurangan energi.

3. Daging

Daging merah adalah sumber makanan tinggi zat besi yang juga berperan untuk menghasilkan energi. Di sisi lain, daging juga tinggi kandungan lemaknya. Asupan lemak berlebih membuat tubuh bekerja ekstra keras untuk mengolahnya menjadi energi. Untuk semakin mempercepat proses ini, Anda secara tidak sadar akan mengerahkan seluruh sisa energi dalam tubuh kepada sistem pencernaan. Akibatnya, badan cepat lelah setelah makan daging.

4. Susu

Susu merupakan minuman yang kaya akan kandungan triptofan dan kalsium. Dalam tubuh, triptofan memicu produksi hormon serotonin. Sementara itu, kalsium membantu tubuh mengubah triptofan menjadi serotonin.

Serotonin adalah zat kimiawi di otak yang bertugas mengendalikan mood dan kondisi relaksasi. Ketika serotonin meningkat tinggi, Anda akan merasa lebih bahagia dan santai. Serotonin ini selanjutnya digunakan untuk membuat melatonin, hormon pemicu ngantuk. Selain susu, triptofan juga terkandung dalam keju, yogurt, ikan, telur, dan daging unggas lainnya.

Namun, efek ngantuk dari makanan tinggi triptofan tidak bisa bekerja sendirian. Anda akan lebih cepat ngantuk dan merasa lelah ketika mengombinasikan susu dengan makanan tinggi karbohidrat lainnya, seperti roti dan susu untuk sarapan atau seporsi ikan, telur, dan nasi saat makan siang.

5. Ikan

Selain tinggi triptofan, ikan (khususnya salmon dan tuna) mengandung tinggi vitamin B6 yang dibutuhkan dalam pembuatan melatonin. Vitamin B6 akan membantu mengubah triptofan menjadi melatonin yang membuat Anda cepat merasa ngantuk dan kelelahan.