5 Jenis Makanan Dengan Kandungan Alkalin Terbaik
28 March 2018
Hidup Seimbangku
Share

5 Jenis Makanan Dengan Kandungan Alkalin Terbaik

            pH menjadi bagian penting pada tubuh seseorang, karena bermanfaat menjaga keseimbangan cairan tubuh. Seseorang dengan pH yang tidak seimbang, terlalu asam, akan lebih mudah terserang penyakit, hingga memiliki risiko terkena kanker.

            Anda bisa menjaga keseimbangan pH tubuh melalui asupan makanan. Terdapat 5 jenis makanan dengan kandungan alkalin terbaik yang bisa Anda konsumsi. Berikut uraiannya:

 

Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kangkung atau sawi bisa menjadi pilihan Anda, karena mengandung vitamin dan mineral yang berfungsi menjaga keseimbangan pH.

 

Baca juga: Seledri, Sayuran Hijau Dengan Segudang Manfaat

 

Buah-buahan

Beri-berian, anggur, pir, peach dan lemon termasuk buah-buahan yang dapat menjaga keseimbangan pH tubuh Anda. Air perasan lemon misalnya, bisa Anda konsumsi bersama segelas air pada pagi hari, sebelum Anda mengonsumsi apapun, ini dapat membuat pH tubuh Anda bersifat lebih basa.

Selain itu, jeruk nipis, mangga, melon dan juga pepaya bisa jadi pilihan Anda untuk menjaga keseimbangan pH. Buah-buahan tersebut mengandung pH 8,5 yang menjadi golongan pH terbaik untuk membersihkan ginjal.

 

Baca juga: Menurunkan Berat Badan Rutin Dengan Minum Jus Kubis Campur Lemon

 

Sayuran akar

            Wortel, bit dan lobak jadi sayuran yang dapat membantu menyeimbangkan pH tubuh Anda. Untuk wortel dan bit, bisa Anda konsumsi mentah, dibuat menjadi jus atau diolah terlebih dahulu. Sedangkan, untuk lobak sebaiknya Anda olah terlebih dahulu. Pemanggangan menjadi teknik pengolahan sehat yang bisa Anda pilih.

 

Baca juga: Cara Memasak Wortel Yang Benar Agar Nutrisi Tak Hilang

 

Bawang putih

            Bawang putih bisa Anda konsumsi mentah untuk merasakan manfaatnya. Namun, jika enggan dengan rasa dan aromanya, Anda bisa mencampurkannya pada masakan. Menyeimbangkan pH tubuh menjadi salah satu manfaat bawang putih, selain segudang manfaat lainnya.

 

Baca juga: 5 Tanaman Obat Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

 

Cabai

            Cabai mengandung pH 8,5 yang diperlukan enzim pada sistem endokrin. Cabai juga menjadi anti-bakteri bagi tubuh, serta dengan kandungan vitamin A pada cabai juga berfungsi melawan radikal bebas yang dapat memicu stress dan berbagai penyakit.

 

Baca juga: Segera Padamkan Kepedasan Setelah Makan Cabai dengan Cara Ini