Usir Bau Ketiak Dengan Bahan Alami
09 February 2018
Hidup Seimbangku
Share

Usir Bau Ketiak Dengan Bahan Alami

            Bau tidak sedap pada ketiak bisa saja mengganggu kenyamanan, baik diri sendiri maupun orang-orang di sekitar. Selera makan dan mood pun bisa turun jika sudah mencium bau ketiak yang tidak sedap.

            Suka minum minuman mengandung kafein, mengonsumsi obat-obatan tertentu, makan makanan pedas, sering berpakaian ketat, dehidrasi, stres, pola makan buruk, perubahan hormonal, pubertas dan merasa tegang bisa jadi faktor-faktor yang dapat memicu bau ketiak.

            Deodoran seringkali menjadi solusi yang banyak orang gunakan untuk menghilangkan bau ketiak. Tapi, deodoran mengandung sejumlah bahan kimia yang jika digunakan secara berlebihan tentunya dapat berdampak tidak baik bagi tubuh. Nah, berikut ini ada beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk membantu menghilangkan bau ketiak:

 

Cuka apel

            Kompres ketiak menggunakan cuka apel atau bilas ketiak sesaat setelah mandi, dapat mengurangi kadar pH pada kulit ketiak, sehingga dapat menghilangkan bau ketiak. Sifat anti bakteri cuka apel juga berfungsi melawan pertumbuhan bakteri pada ketiak.

 

Baking soda

Cukup campur 2 sdm baking soda dengan 1 sdm air perasan jeruk lemon, kemudian oleskan pada ketiak, diamkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih.

 

Lemon

            Peras 1-2 buah lemon, kemudian bilas kulit ketiak dengan air perasan lemon tersebut. Atau, kompres ketiak menggunakan handuk yang sudah meresap air perasan lemon. Sifat asam pada lemon dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau pada ketiak. Selain itu, lemon juga dapat mengatur kadar pH pada ketiak dan dapat mencerahkan warna kulit ketiak.

 

Air perasan lobak

            Anda cukup memarut lobak dan mengambil air perasannya, kemudian oleskan pada bagian ketiak. Air perasan lobak dapat mengurangi bau ketiak hingga 10 jam.

 

Baca juga: Insecure Sama Bulu Ketiakmu? Bisa Kok Kamu Hilangkan Dengan 5 Cara Ini!

 

Selada

            Haluskan beberapa lembar daun selada, kemudian ambil air perasan dari selada dan langsung aplikasikan ke bagian ketiak. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakannya sesaat setelah mandi.

 

Minyak rosemary

            Oleskan beberapa tetes minyak rosemary pada ketiak, atau campurkan 8-10 tetes minyak rosemary pada secangkir air, kemudian bilas ketiak Anda dengan campuran minyak rosemary dan air tersebut. Rosemary memiliki sifat anti bakteri yang dapat membantu menghilangkan bau ketiak.

 

Peterseli

            Cincang peterseli, kemudian ambil sekitar 1 sdt cincangan peterseli tersebut dan campurkan ke dalam secangkir air, didihkan selama 5 menit. Saring dan biarkan dingin, kemudian minum. Atau, Anda juga bisa mengonsumsi peterseli segar untuk membantu menetralisir bau ketiak dari dalam.

 

Baca juga: CEGAH KANKER PAYUDARA SEDINI MUNGKIN

Tags