Tips Aman Gunakan Softlens
03 April 2019
Hidup Seimbangku
Share

Tips Aman Gunakan Softlens

Cara Aman Merawat Mata Menggunakan Softlens

 

        Ladies, apakah kamu termasuk yang berpendapat bahwa mengenakan kacamata pada moment tertentu mungkin terlihat tidak modis, misalnya saja saat  menghadiri pesta penikahan? Maka softlens kini jadi alternatif bagi si mata empat. Namun, kini fungsi softlens bukan lagi sebagai alat bantu bagi para penderita minus, tak sedikit yang menggunakan softlens sebagai pelengkap penampilan agar terlihat lebih cantik. Sah-sah saja memang mengenakan softlens dalam keseharian namun kita harus tetap memperhatikan bagaimana merawat mata saat menggunakan softlens.

1. Tangan harus bersih

Bukan hanya saat mau makan, saat memasang maupun melepas softlens juga kamu harus pastikan tanganmu dalam keadaan bersih. Karena kuman di tangan dan kuku bisa saja menyebar ke dalam softlens, maka kamu diwajibkan untuk cuci tangan hingga bersih sebelum mengganti softlensmu.

2. Jangan pakai softlens saat tidur

Meskipun ada obat tetes mata agar matamu tak kering namun tetap ada batas seseorang boleh memakai softlens. Paling lama hanya boleh dipakai selama 12 jam karena tiap mata memiliki toleransi yang berbeda, dan jangan lupa lepas softlensmu saat mau tidur. Mengapa? Selain kuman dalam softlens yang bisa saja menempel di matamu,  jika kamu memakai softlens saat tidur, dapat mengurangi jumlah oksigen yang masuk ke dalam mata. Ketika oksigen yang masuk ke dalam mata kurang, bisa menyebabkan permukaan mata jadi rentan terhadap infeksi.

3. Kenakan kacamata saat naik motor

Debu jalanan jadi salah satu yang paling jahat untuk mata, meskipun kamu sudah pakai softlens bukan berarti matamu begitu saja bebas dari debu. Maka kenakan kacamata saat berkendara dengan motor untuk mencegah debu masuk ke dalam mata dan jangan lupa teteskan cairan softlens agar matamu tidak kering. 

4. Langsung dibuang

Softlens sekali pakai lebih direkomendasikan karena tak harus repot membersihkannya. Jika kamu bandel untuk memakainya lebih dari sehari maka itu tidak baik untuk matamu.

       Sayangi kesehatan matamu dengan mengikuti aturan menggunakan softlens yang baik dan benar. Bila kamu mengalami rasa gatal, pandangan kabur, mata berair, sensitif pada cahaya, nyeri dan pembengkakan pada kelopak mata bisa jadi infeksi yang disebabkan oleh parasit Acanthamoeba.

Tags