Tinggalkan Mitos Soal Jerawat
26 April 2019
Hidup Seimbangku
Share

Tinggalkan Mitos Soal Jerawat

 

Mitos Soal Jerawat

Jerawat memang menganggu, selain seringnya membuat kaum hawa uring-uringan karena mengganggu penampilan. Sebenarnya apa sih yang memicu jerawat? Jerawat dapat dipicu oleh beberapa faktor seperti di bawah ini:

  • Produksi sebum berlebih. Sebum merupakan zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak untuk mencegah kulit kering.
  • Sumbatan pada folikel rambut. Jerawat muncul ketika folikel rambut tersumbat oleh campuran sel kulit mati dan sebum.
  • Bakteri. Jenis bakteri Propionibacterium acnes bisa berkembang dan menyumbat folikel rambut, serta menyebabkan peradangan.
  • Hormon. Aktivitas hormon androgen berlebih dapat menyebabkan jerawat.

Nah selain penyebab jerawat, tahukah kalian bahwa masih ada beberapa mitos soal jerawat yang harusnya sudah tidak lagi kita percaya. Jangan makan cokelat saat jerawatan karena akan memperparah jerawat, yuk kita ulas beberapa mitos soal jerawat yang harusnya dibuang jauh saja.

  • Jerawat menular? Mitos! Jerawat tidak menular dan tidak dapat menyebar dari orang ke orang. Walaupun bakteri jerawat memiliki peran dalam perkembangannya, jerawat tidak dapat ditularkan seperti kebanyakan infeksi bakteri. Namun, bukan ide yang baik untuk berbagi handuk atau bantal dengan seseorang lain karena alasan kebersihan tetap yang utama ya.
  • Hindari menggunakan makeup saat jerawatan? Mitos! Saat berjerawat kamu tidak seharusnya menghindari makeup. Malah sebenarnya makeup membantu menyamarkan bahkan menutup jerawat. Yang kamu perlu lakukan adalah memiih produk yang tepat untuk kulitmu apalagi jika kulitmu berminyak, kamu bisa memilih foundation bebas minyak.
  • Jerawat disebabkan kulit yang tidak bersih? Mitos juga! Pasalnya, perkembangan jerawat adalah proses multifaktoria.Jerawat merupakan kelainan pada unit pilosebaceous kulit yang terdiri dari kelenjar penghasil minyak, folikel rambut dan rambut. Ukuran dan aktivitas kelenjar penghasil minyak juga dipengaruhi oleh kadar hormon. Sehingga dalam keadaan tertentu kelenjar dapat bertambah besar dan menghasilkan lebih banyak minyak.    Kemudian, sel-sel kulit mulai menjadi pori-pori yang lengket dan menimbulkan bintik dari bakteri P. acne dan jadilah jerawat.

Beberapa mitos soal jerawat sudah seharusnya tidak membuat kita stress dan jadi insecure kan, ladies? Menjaga kebersihan dan perawatan dari dalam tetap jadi yang terbaik untuk merawat kulit dan juga wajah tentunya. Makan makanan yang sehat dan minum rutin banyak minum air juga membuat kulitmu tetap sehat. Yuk beralih ke TOTAL8+ yang kandungan pH nya lebih dari 8 dan yang bantu menyeimbangkan nutrisi dalam tubuh dan bantu jaga kelembapan kulitmu agar tidak kering.

Tags