Resiko Menggunakan High Heels Terlalu Lama
16 August 2015
Hidup Seimbangku
Share

Resiko Menggunakan High Heels Terlalu Lama

Sebagai penunjang penampilan wanita, high heels memang selalu menjadi primadona. Jutaan wanita banyak sekali yang sangat mencintai sepatu hak tinggi ini. Berdasarkan penelitian terbaru, 90 persen perempuan mengalami masalah pada kakinya setelah memakai sepatu hak tinggi lho, Ladies. Nah, ternyata di beberapa sumber lain, high heels atau sebutan bagi sepatu hak tinggi menempatkan penggunanya dalam resiko cedera permanen atas nama fashion.

Bagaimana dengan kamu, Ladies? Mungkin saja kamu adalah salah satu dari jutaan pengguna sepatu high heels yang mengalami efek buruk karena pemakaian terlalu lama. Coba simak dulu yuk, apa saja dampak buruknya di bawah ini.

Otot Tubuh Mengecil

Pada periode yang cukup lama dalam pemakaian high heels, tubuh kamu mengalami ketidakseimbangan. Hal itu membuat masalah otot pada tubuh kamu. Menurut beberapa penelitian, otot bukan hanya mengecil, tapi juga mengalami perpendekan otot kaki jika menggunakan sepatu hak tinggi terlalu lama. Hal itu disebabkan karena sepatu high heels mendorong kamu untuk berjalan jinjit secara tidak langsung.

Tubuh Melengkung

Postur tubuh akan berubah seiring dengan seringnya kamu menggunakan high heels. Biasanya perubahan terjadi pada pinggul atau tulang belakang. Bagian ini adalah sasaran empuk bagi kamu pemakai high heels karena tekanan pada ujung kaki sehingga menyebabkan ukuran tidak normal dan ukuran pantat semakin besar. Efek paling buruk adalah kamu akan kesulitan berjalan, atau lebih dikenal dengan Osteoarthritis. Hal itu disebabkan munculnya tulang baru atau pengapuran. Tulang rawan yang rusak akibat terlalu sering menopang beban yang berat.

Bunions

Bunions adalah efek buruk yang paling sering sekali terjadi. Bunions adalah kondisi di mana terdapat benjolan abnormal tulang di pangkal jempol kaki. Menurut American Academy of Orthopaedic, penyakit ini umumnya diderita oleh wanita. Penyebab utama disebabkan oleh sepatu yang sempit dan berhak tinggi. Bunions menimbulkan rasa sakit yang luar biasa bagi penderita dan biasanya hanya bisa diobati melalui jalur operasi. Jadi, hati-hati ya, Ladies.

Keseleo

Tak semua high heels memberikan kenyamanan untuk kegiatan kamu, Ladies. Tumpuan yang hanya ada pada ujung kaki terkadang membuat kamu kesulitan untuk bebas bergerak. Memaksakannya untuk tetap bergerak meskipun sakit berakibat ektra membuat kamu mudah keseleo di pergelangan kaki.

Baca juga : Siasat Berpakaian Yang Membuat Setiap Wanita Terlihat Langsing

Gangguan Kesehatan Ibu Hamil

Ladies, pasti pernah mendengar kalau ibu hamil dilarang menggunakan high heels. Ternyata benar adanya, ibu hamil seharusnya membatasi penggunaan sepatu hak tinggi yang tidak lebih dari 5 cm. Selain akan membuat kesulitan dalam menopang tubuh, memaksakan menggunakan sepatu hak tinggi ketika sedang hamil akan mengakibatkan sakit punggung. Ladies, saat hamil hormon relaxin meningkat. Nah, hormone itulah yang menyebabkan kamu mudah sakit punggung ketika hamil.

Efek lainnya saat kamu hamil, keseimbangan peningkatan berat badan ditakutkan akan mempengaruhi cara jalan sehingga mudah keseleo.

Ladies, sebenarnya boleh saja menggunakan sepatu high heels untuk menunjang penampilan kamu. Namun pemakaian yang berlebihan tidak dianjurkan, ya. (enr)

Tags fashion