PERAWATAN TEPAT UNTUK KULIT KERING
21 August 2018
Hidup Seimbangku
Share

PERAWATAN TEPAT UNTUK KULIT KERING

            Semua wanita pasti ingin memiliki kulit yang sehat, lembut dan terhidrasi. Namun pada kenyataannya, kulit bisa saja menjadi kering, bersisik dan kasar. Hal tersebut terjadi disebabkan oleh hilangnya kandungan minyak dan zat lain pada kulit. Sedangkan, kandungan minyak dan zat lain pada kulit sangat dibutuhkan untuk menjaga kelembapan kulit.

            Seperti dikatakan Angela Lamb, MD, asisten profesor dermatologi di Sekolah Kedokteran Icahn di Gunung Sinai, New York, gatal merupakan gejala kulit kering nomor satu. Kulit kering cenderung terkelupas, merah dan iritasi. Kulit kering juga cenderung terlihat kusam atau pucat (untuk Anda yang memiliki warna kulit gelap). Hal tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi berisik atau pecah-pecah. Bahkan, untuk beberapa kasus yang lebih buruk, kulit bisa saja menjadi tebal dan kasar.

            Pada iklim dengan kelembapan rendah, kelembapan rendah pada musim dingin dan ruangan yang panas dapat menjadi beberapa penyebab kulit kehilangan kandungan air dan/atau minyak, sehingga menyebabkan kulit menjadi kering.

            Selain itu, beberapa kondisi medis tertentu juga dapat mengakibatkan kulit menjadi kering, seperti:

  • Keratosis Pilaris. Menurut American Academy of Family Physicians, sebanyak 40 persen orang dewasa, dan hingga 80 persen remaja memiliki kondisi kulit kering yang diwarisi dari orang tua mereka, yang disebut Keratosis Pilaris. Kondisi ini terjadi dimana terdapat benjolan kecil berwarna merah pada permukaan kulit, terutama pada bagian lengan atas dan paha, atau di bagian pipi pada anak-anak. Benjolan tersebut merupakan sel kulit mati yang mengakibatkan kulit terasa kasar. Kulit menjadi gatal selama musim dingin atau pada kelembapan rendah.
  • Dermatitis Atopik. Menurut sebuah studi pada tahun 2015 yang diterbitkan dalam Annals of Nutrition & Metabolism, hingga 20 persen anak-anak dan 3 persen orang dewasa di seluruh dunia mengidap Dermatitis Atopik, suatu kondisi eksim umum berupa kulit tebal dan gatal pada kulit. Ketika kulit tergores, kulit menjadi merah dan bengkak, bahkan hingga pecah-pecah, berair atau bersisik. Jenis eksim ini sering terjadi pada orang yang juga menderita asma atau demam.
  • Perubahan hormonal. Ketika tubuh Anda mengalami perubahan hormonal, bisa saja menjadi kering dan timbul sisik. Perubahan hormonal setelah menopause juga dapat menyebabkan kulit kering.
  • Penyakit tiroid. Salah satu gejala awal hipotiroidisme, suatu kondisi di mana kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon tiroid, adalah kulit kering.
  • Diabetes atau penyakit ginjal. Saat udara dan iklim memburuk menjadi situasi yang paling mengerikan bagi penderita diabetes atau penyakit ginjal, karena akan timbul kulit kering dan gatal pada kaki. Hal ini disebabkan ketika kulit tidak mendapatkan jumlah aliran darah yang tepat.

           Cara paling utama untuk menghilangkan kulit kering adalah dengan melembapkannya. Oleskan pelembap pada kulit tubuh dan wajah, setidaknya satu kali sehari. Saat musim panas, Anda cukup mengoleskan pelembap tipis saja. Namun saat musim dingin, Anda harus mengoleskan pelembap lebih banyak, karena kulit cenderung menjadi lebih kering.

            Nazanin Saedi, MD, dokter kulit, direktur Pembedahan Laser Jefferson dan Pusat Kosmetik Dermatologi, dan asisten profesor di Rumah Sakit Universitas Thomas Jefferson di Philadelphia, menyarankan pelembap terbaik untuk digunakan sebaiknya yang mengandung asam laktat, gliserin, petrolatum dan asam hialuronat. Anda juga bisa menggunakan pelembap dengan kandungan petroleum jelly.

            Jika pelembap di pasaran tidak berpengaruh terhadap kulit, Anda bisa segera mengunjungi dokter kulit untuk berkonsultasi, dan biasanya dokter akan membuatkan Anda resep pelembap kulit yang mengandung ceramide, atau protein yang membantu membangun kembali penghalang kulit.

             Bagi Anda yang mengalami eksim juga bisa mengurangi masalah kulit kering dengan mengompres kulit dengan es atau air dingin. Selain itu, untuk masalah kulit kering pada umumnya dapat diatasi dengan beberapa cara, seperti menggunakan sabun mengandung pelembap, menggunakan humidifier di dalam ruangan, mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung lemak tidak jenuh ganda, seperti salmon, makarel, kedelai dan minyak safflower.

 

Baca juga: PENYEBAB TIMBULNYA SELULIT PADA KULIT 

DO AND DON’T UNTUK DAPATKAN KULIT CANTIK ALAMI?