Penyakit Yang Bisa Timbul Akibat Malas Mencuci Kuas Make Up
14 February 2018
Hidup Seimbangku
Share

Penyakit Yang Bisa Timbul Akibat Malas Mencuci Kuas Make Up

            Kuas menjadi salah satu alat make up yang dibutuhkan untuk hasil make up yang maksimal. Ada beragam jenis kuas make up, seperti kuas untuk contour, blush on, eyeliner dan beragam jenis kuas lainnya. Seringnya penggunaan kuas bisa membuatnya menjadi tempat yang tepat untuk berkembang biaknya kuman, bakteri hingga penyakit kulit.

            Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan kuas make up dengan rutin membersihkannya. Paling tidak Anda mencuci kuas-kuas tersebut selama satu bulan sekali. Anda harus semakin sering mencuci kuas-kuas tersebut jika Anda sering juga memakainnya, apalagi jika digunakan secara bergantian dengan orang lain.           

            Berikut ini ada beberapa masalah pada wajah yang mungkin timbul jika Anda malas membersihkan kuas make up:

 

Memperparah jerawat

            Jika wajah Anda sudah terlanjur berjerawat, maka menggunakan kuas make up yang kotor dan jarang dibersihkan malah akan memperparah jerawat.

 

Iritasi kulit

            Bila memiliki kulit yang sensitif, iritasi akan timbul jika menggunakan kuas make up yang kotor.

 

Mata merah

            Jika Anda menggunakan kuas make up kotor pada area sekitar mata, maka akan menyebabkan mata merah.

 

Herpes

            Bakteri herpes senang sekali hidup di lingkungan yang lembab, sehingga kemungkinan bakteri herpes hidup di kuas make up kotor sangat besar.

 

Infeksi Staph

            Staph merupakan penyakit yang diakibatkan infeksi langsung atau infeksi terhadap bakteri. Infeksi staph timbul seperti bisul. Seorang wanita di Australia dilaporkan mengidap infeksi staph setelah menggunakan kuas make up yang kotor.

 

Infeksi jamur

            Selain bakteri, bisa saja terdapat beberapa jamur yang tertinggal pada kuas make up. Jamur yang tertinggal tersebut bisa saja berpindah ke kulit wajah dan menyebabkan infeksi. Jika wajah Anda muncul ruam atau nyeri setelah menggunakan kuas make up kotor, sebaiknya langsung mencuci muka dan menemui dokter.

 

Baca juga: PRODUK MAKE UP YANG HARUS STANDBY DI TAS KERJA

MENGENAL SEJAK DINI PENYAKIT AREA KEWANITAAN