PANDUAN TEPAT MELAKUKAN PERAWATAN WAJAH DI RUMAH
04 July 2018
Hidup Seimbangku
Share

PANDUAN TEPAT MELAKUKAN PERAWATAN WAJAH DI RUMAH

            Semua wanita pasti ingin memiliki kulit wajah yang cerah dan bebas dari noda, seperti komedo dan jerawat. Untuk mendapatkan kulit wajah yang diinginkan, biasanya kebanyakan wanita memilih untuk melakukan perawatan di salon. Namun, sebenarnya perawatan yang Anda lakukan di salon bisa dilakukan sendiri di rumah.

            Anda hanya butuh 20 menit untuk melakukan perawatan wajah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu saja Anda harus melakukannya dengan teratur setiap harinya. Agar Anda tidak bingung untuk melakukan perawat wajah di rumah, berikut ini terdapat beberapa langkah dan panduan yang bisa Anda ikuti:

 

Pembersihan

            Cuci wajah terlebih dahulu dari debu, kotoran dan minyak secara menyeluruh menggunakan pembersih wajah atau mencuci muka. Hindari membersihkan muka menggunakan air panas atau hangat, karena akan membuat kulit wajah menjadi kering. Setelah itu, keringkan wajah dengan cara menepuknya menggunakan handuk. Lakukan dengan lembut. Lalu, oleskan susu pembersih menggunakan kapas ke wajah. Penggunaan susu pembersih bertujuan untuk menutup pori-pori dan mengangkat kemungkinan kotoran yang tersisa.

 

Penguapan

            Rebus air hingga mendidih, kemudian letakan pada wadah. Biarkan wajah Anda menangkap seluruh uap. Agar hasil lebih maksimal, tutup bagian atas kepala dan sekitar wadah dengan kain atau handuk. Diamkan selama 5 menit, kemudian dengan lembut bersihkan tisu wajah. Penguapan berfungsi untuk membuka pori-pori, sehingga memudahkan untuk mengeluarkan kotoran. Setelah selesai, kompres wajah dengan es batu. Lakukan dengan gerakan melingkar. Hal ini bertujuan untuk mengecilkan kembali pori-pori, sehingga kecil kemungkinan untuk timbulnya kembali komedo atau jerawat. Selain itu, juga dapat membantu mengencangkan kulit wajah.

 

Scrub

            Lakukan scrub sebanyak 1-2 kali seminggu. Scrub bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah, yang membuat kulit terlihat lebih kusam. Anda bisa menggunakan bahan scrub yang sudah banyak dijual di pasaran, atau Anda bisa membuatnya sendiri dengan campuran gula dan madu, perbandingan 1:1. Usapkan pada wajah dengan lembut selama 5 menit, lalu diamkan minimal selama 3 menit. Bersihkan.

 

Produk perawatan wajah

            Setiap wanita memiliki tipe wajah yang berbeda-beda, mulai dari kulit wajah kering, berminyak, normal hingga kombinasi. Tiap tipe wajah memerlukan produk perawatan yang berbeda-beda. Sebelum membeli dan menggunakan satu produk perawatan wajah, sebaiknya baca terlebih dahulu keterangan produk tersebut. Agar Anda tidak membeli produk yang tidak tepat untuk wajah Anda.

 

Toning

            Anda bisa membuat toning sendiri di rumah. Caranya campurkan jus mentimun dengan air mawar. Toning buatan Anda ini dapat membantu menjaga keseimbangan pH.

 

Pelembap

            Pada tiap akhir proses perawatan wajah, jangan lupa untuk mengoleskan pelembap. Bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat, gunakan pelembap yang mengandung benzoyl peroxide.

 

Baca juga: PERHATIKAN TAHAP PENGGUNAAN PELEMBAB WAJAH 

Wajah Cantik belum tentu buat pria tertarik! Pria lebih suka ini!?