MENGERIKAN, INI YANG TERJADI JIKA TIDAK MENGHAPUS MASKARA DENGAN BENAR
19 July 2018
Hidup Seimbangku
Share

MENGERIKAN, INI YANG TERJADI JIKA TIDAK MENGHAPUS MASKARA DENGAN BENAR

            Menurut sebuah artikel yang diberitakan oleh livescience, seorang wanita di Australia memiliki kebiasaan buruk, yakni tidak menghapus maskara dengan benar. Kebiasaan buruk tersebut kini menimbulkan masalah yang cukup serius pada mata wanita tersebut.

            Saat mengalami perasaan yang tidak nyaman pada matanya, wanita berusia 50 tahun tersebut segera memeriksakannya ke dokter mata. Wanita tersebut mengakui bahwa ia seringkali menggunakan maskara lebih dari 25 tahun, dan membersihkannya dengan tidak benar, bahkan terkadang ia tidak membersihkannya sama sekali.

            Dokter kemudian memeriksa bagian bawah kelopak mata wanita tersebut, dan menemukan benjolan berpigmen gelap di bawah konjungtiva, yang merupakan membran transparan yang melapisi kelopak dan bagian putih mata. Beberapa benjolan bahkan telah menembus permukaan konjungtiva. Masalah pada mata wanita tersebut dikaitkan dengan konjungtivitis (radang konjungtiva) dan kerusakan pada kornea.

            Seorang ahli bedah mata dan dosen senior klinis di The University of Sydney School of Medicine, Dr. Dana Robaei mengatakan bahwa benjolan gelap disebabkan oleh penumpukan potongan maskara di bawah kelopak mata. Serta, mata pada wanita yang diketahui bernama Lynch tersebut berisiko menjadi terinfeksi, dan dalam kasus yang jarang terjadi, dapat menyebabkan kebutaan.

            Untuk menghilangkan bejolan pada matanya, Lynch menjalani sejumlah prosedur yang berlangsung selama 90 menit. Namun, proses tersebut akan meninggalkan bekas luka permanen pada kelopak mata Lynch.

 

Baca juga: Hilangkan Mata Panda Dengan Kopi 

MENGATASI MATA LELAH SAAT BEKERJA