Lindungi Kulit Dengan Benar
29 March 2018
Hidup Seimbangku
Share

Lindungi Kulit Dengan Benar

            Kulit juga harus dirawat dengan baik untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan, seperti kanker kulit, kulit pecah-pecah, kulit kering dan berbagai masalah kulit lainnya. Beberapa orang menganggap bahwa perawatan kulit hanya membuang-buang waktu saja. Padahal hal tersebut adalah salah besar.

            Selain harus dirawat dengan baik, kulit juga harus dilindungi dengan benar, terutama dari paparan sinar matahari yang berbahaya bagi kulit. Nah, berikut ini terdapat uraian beberapa cara untuk Anda melindungi kulit dengan benar.

 

Batasi paparan sinar matahari langsung

            Sinar ultraviolet yang dipancarkan sinar matahari dapat menyebabkan berbagai jenis kerusakan kulit, seperti kanker kulit, penuaan dini, bintik hitam, dan perubahan warna kulit.

            Penggunaan body lotion dengan kandungan SPF minimal 30 yang dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet sangat disarankan, apalagi Anda banyak melakukan kegiatan luar ruangan dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, menggunakan topi, payung, celana panjang atau baju berlengan panjang juga dapat membantu kulit Anda terlindungi dari paparan sinar matahari langsung.

            Pukul 10.00 hingga 14.00 merupakan waktu yang disarankan untuk Anda berdiam diri di dalam ruangan, karena paparan sinar matahari pada waktu tersebut sangat terik dan tidak bagus bagi kulit.

 

Tetap terhidrasi

            Karyn Grossman, MD, seorang dermatolog asal California menyarankan untuk Anda memulai hari dengan teh hijau atau asupan antioksidan yang cukup, agar kulit Anda tetap terhidrasi. Selain itu, asupan air putih juga dapat menjaga kelembapan kulit.

            Kulit yang tidak terhidrasi dengan baik akan menjadi kering, sedangkan kulit kering akan memiliki celah kecil yang memungkinkan bakteri dan jamur masuk ke dalam kulit Anda.

           

Jangan gunakan beberapa barang bersama orang lain

            Jangan biasakan sharing beberapa barang, seperti alat pencukur dan deodoran, bersama orang lain, sekalipun itu partner Anda. Setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda, jika Anda bertukar barang dengan orang lain hanya akan memicu timbulnya kontaminasi bakteri dan jamur pada kulit Anda.

 

Gunakan produk yang tepat

            Pastikan Anda menggunakan produk perawatan kulit yang tepat untuk jenis kulit Anda. Misalnya, jika Anda memiliki kulit kering, jangan menggunakan produk untuk kulit normal. Sebaiknya Anda juga sesekali gunakan produk peeling, untuk membersihkan kotoran dan sel kulit mati yang tidak bersih sempurna jika hanya menggunakan sabun mandi.

 

Kenali kondisi kulit Anda

            Anda jangan terlalu sibuk hanya merawat kulit saja. Namun, Anda juga harus mengenali kondisi kulit. Jika terdapat kondisi kulit yang Anda anggap ganjil sebaiknya segera periksakan ke dokter kulit. Misalnya terdapat tahi lalat dengan penyebaran yang tidak simetris, jangan abaikan itu, bisa jadi hal tersebut merupakan tanda bahwa Anda terkena kanker kulit.

 

Baca juga: CARA MUDAH ATASI KULIT KERING, YUK COBAIN! 

PESAN DARI TUBUH MEMILIKI POLA MAKAN BURUK