Kulit Tetap Cantik Selama Puasa, Ini Caranya
04 June 2015
Hidup Seimbangku
Share

Kulit Tetap Cantik Selama Puasa, Ini Caranya

Mengenai kesehatan kulit, air putih dan vitamin E tentu menjadi dua hal yang paling penting untuk dikonsumsi, baik selama puasa maupun saat tidak sedang berpuasa. Apalagi saat berpuasa, kita tidak bisa meminum banyak air putih di siang hari. Tetapi, kita masih tetap bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan kulit kita dengan memakan makanan kaya vitamin saat sahur dan berbuka puasa. Menjaga kesehatan kulit tak hanya cukup dari luar saja lho, tapi dari dalam tubuh pun tak kalah penting. Buah-buahan seperti apel, pisang, dan papaya sebaiknya mulai kamu sediakan di rumah untuk dimakan malam hari setelah berbuka puasa dan saat sahur sebagai makanan pendukung selain air putih yang mengandung vitamin A. Sedangkan untuk vitamin E yang berfungsi menyegarkan dan mengencangkan kulit bisa kamu dapatkan dari jenis biji-bijian dan kacang-kacangan. Nah, mulailah mengatur menu sahur dan buka puasa dengan makanan yang mengandung nutrisi baik untuk kulit dan tubuhmu.

Untuk perawatan kulit dari luar, bijaklah dalam memilih produk kecantikan agar tidak terkena iritasi atau alergi yang menyebabkan kulit menjadi gatal-gatal, berjerawat, atau muncul banyak noda hitam yang mengganggu keindahan dan penampilanmu. Mencuci muka dengan teratur memang baik, tapi ada hal yang perlu kamu perhatikan saat mencuci muka. Pakailah sabun yang mengandung banyak pelembap tapi tidak mengandung antiseptik, karena antiseptik dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Terlalu sering mencuci muka bahkan tak bagus juga untuk kulit, karena kandungan air yang ada pada kulit bisa terus terkikis saat kamu mencuci muka. Jadi, wajahmu justru akan semakin kering, dan kulit wajah bisa semakin menipis karena proses pembersihan wajah yang tidak tepat.

Berada dalam ruangan ber-AC dalam jangka waktu yang lama juga dapat memengaruhi kulit menjadi kering. Jika kamu bekerja di kantoran yang menuntutmu untuk terus berada di dalam ruangan ber-AC selama seharian penuh, sesekali cobalah untuk keluar ruangan dan menghirup udara bebas agar kulit terkena sinar matahari dan udara yang alami, tapi jangan lupa sebelumnya untuk menggunakan lotion atau pelembap kulit jika matahari terlalu terik.

Masalah lain yang terjadi pada kulit selama sedang berpuasa juga bisa dialami di area bibir, berupa bibir pecah-pecah dan kering. Selain bisa mengganggu penampilan,bibir kering dan pecah-pecah bisa membuat kamu tak nyaman hingga bisa terjadi adanya luka di sekitar bibir. Penggunaan lip balm mungkin bisa kamu tingkatkan saat sedang berpuasa untuk menjaga bibir tetap lembap, tapi usahakan jangan menggunakan lip balm dengan berbagai rasa yang bisa memicu batalnya puasa.

Setelah cukup meminum air putih, menjaga kebersihan wajah dengan mencuci muka, memakan buah-buahan, menggunakan lotion dan lip balm yang sesuai, jangan takut lagi akan berbagai masalah kulit yang bisa kamu temui saat sedang puasa, sehingga kamu bisa terus percaya diri setap hari dan terlihat segar selalu meski sedang berpuasa. Karena kecantikan kulit wanita juga akan membawa aura positif dari dalam diri. Jangan lupa juga untuk tidur yang cukup dan selalu berbahagia, karena bahagia adalah kunci utama dari kecantikan seorang perempuan.