KESALAHAN YANG KAMU LAKUKAN SEBELUM TIDUR INI, DAPAT MENURUNKAN KUALITAS TIDUR HINGGA INSOMNIA
06 September 2019
Hidup Seimbangku
Share

KESALAHAN YANG KAMU LAKUKAN SEBELUM TIDUR INI, DAPAT MENURUNKAN KUALITAS TIDUR HINGGA INSOMNIA

            Tubuh yang lelah membutuhkan tidur untuk menyegarkannya kembali. Lamanya waktu tidur yang dibutuhkan tiap orang berbeda-beda. Kualitas tidur yang didapatkan tiap orang juga berbeda-beda. Seseorang yang tidur selama 6 jam, namun tidak terganggu tidurnya atau tidak terbangun selama tidur, lebih baik, dibandingkan seseorang yang tidur selama 10 jam, namun dengan kualitas tidur buruk.

            Agar kamu mendapatkan kualitas tidur yang baik, sebaiknya stop lakukan beberapa hal berikut ini sebelum tidur:

 

Membiarkan lampu menyala

Cahaya lampu akan mengganggu kemampuan kelenjar pineal untuk menghasilkan melatonin. Cahaya dapat langsung melalui saraf optikmu menuju ke Hipotalamus, bagian pada otak yang berfungsi mengontrol jam biologimu, jam dimana kamu harus bangun.

 

Memeriksa HP

Dr. Karl Doghramji, Direktur Pusat Gangguan Tidur di Rumah Sakit Universitas Thomas Jefferson, Amerika Serikat, mengatakan bahwa tubuh membutuhkan ruang gelap untuk menghasilkan hormon melatonin, yang akan membuat tubuh tertidur. Cahaya pada layar HPmu hanya akan menghambat pengeluaran hormon tersebut.

 

Bekerja di tempat tidur

Menggunakan tempat tidur sebagai tempat bekerja menjadi pilihan yang sangat salah. Tempat tidur seharusnya menjadi tempat yang membuat tubuh rileks, bukan justru tetap membuatmu gelisah dengan segala macam pekerjaan. Tubuh yang sudah terbiasa tidak beristirahat selama di tempat tidur, akan membuatmu lebih sulit lagi untuk terlelap dengan mudah.

 

Makan beberapa saat sebelum tidur

Waktu makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur, justru akan membuatmu sulit terlelap. Makan akan menyebabkan sekresi asam di lambung, yang kemudian menuju ke kerongkongan, sehingga akan mengganggu kenyamananmu untuk pergi tidur.

 

Makan cokelat

Bukan hanya kopi yang mengadung kafein, cokelatpun begitu, terutama dark chocolate. Kandungan kafein dalam cokelat justru akan membuatmu terjaga lebih lama di malam hari.

 

Tidur bersama hewan peliharaan

Bagi kamu pecinta binatang, tidur bersama hewan peliharaan pasti memiliki sensasi kesenangan tersendiri. Namun, tahukah kamu, kalau tidur bersama hewan peliharaan hanya akan menurunkan kualitas tidurmu. Jadi, sebaiknya biarkan hewan berbulumu itu tidur di tempatnya sendiri, ya.

 

Minum obat tertentu

Beberapa obat telah terbukti menyebabkan insomnia dan mengganggu tidur. Jadi, sebelum minum obat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

 

Mandi air panas

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa suhu tubuh secara alami akan turun saat malam hari, tepatnya sekitar dua jam sebelum tidur, dan mencapai titik terendah sekitar pukul 4 pagi. Dengan mandi air panas beberapa saat sebelum tidur, tentunya akan menaikkan suhu tubuh, sehingga membuatmu sulit tidur, dan menurunkan kualitas tidur.

 

Berdebat

Berdebat sebelum tidur dapat menyebabkan stres, yang berhubungan dengan sulitnya untuk segera terlelap. Situasi setelah berdebat juga dapat memicu insomnia, yang dapat menjadi masalah jangka panjang.

Tags