KAKIMU BELANG? RATAKAN WARNA KAKIMU DENGAN…
09 October 2018
Hidup Seimbangku
Share

KAKIMU BELANG? RATAKAN WARNA KAKIMU DENGAN…

            Kamu sering menggunakan flat shoes atau sandal saat matahari sedang terik, sehingga membuat warna kakimu lebih gelap dan tidak rata? Warna kulit yang tidak rata pasti akan membuat tampilan dan kepercayaan diri kamu berkurang, dong? Supaya warna kulit kamu rata lagi, kamu bisa membuat masker dari bahan-bahan yang ada di rumah, dengan resep berikut ini:

 

Lemon dan gula

Baik lemon maupun gula dapat membantu menyingkirkan warna kulit gelap di kaki kamu yang sulit dihilangkan. Gula membantu mengangkat sel kulit mati, sedangkan asam dari lemon dapat mengurangi melanin di kulit. Caranya, kamu cukup mencampurkan air perasan dari satu buah lemon dengan satu sendok makan gula pasir. Kemudian, gosokkan pada area kaki yang memiliki warna kulit tidak rata, lakukan selama 10-15 menit. Setelah itu, bersihkan. Proses ini bisa dilakukan berulang kali setiap harinya, hingga warna kulit kamu menjadi rata kembali.

 

Kentang dan lemon

Kentang kaya akan kandungan enzim yang dikenal dengan nama catecholase, enzim yang dapat membantu mencerahkan warna kulit, sama seperti lemon yang dapat menghilangkan warna cokelat di kulit. Caranya, ambil satu buah kentang berukuran sedang, parut dan peras hingga keluar sarinya. Setelah itu, campurkan dengan air perasan dari satu buah lemon. Oleskan pada kulit dengan warna yang tidak rata. Diamkan selama 15-20 menit. Bersihkan. Lakukan setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

 

Kunyit dan tepung maizena

Selain menjadi anti-bakteri dan antioksidan, kunyit juga dapat membantu kulitmu tampak lebih cerah dan bercahaya, dengan warna kulit merata, sedangkan tepung maizena membantu merata warna kulit lebih cepat. Caranya, campurkan 1 sdm tepung maizena dengan 1 sdt kunyit dan 1 sdt madu hingga menjadi pasta. Cuci kaki terlebih dahulu, keringkan. Lalu oleskan pasta tadi pada kaki, dan diamkan selama 30 menit. Bersihkan.

 

Pisang dan susu

Pisang mengandung pelembap alami untuk kulit, sehingga dapat menenangkan dan memelihara folikel kulit yang mendorong pertumbuhan sel-sel baru yang sehat. Selain itu, pisang juga dapat menghentikan regenerasi sel pigmentasi. Untuk mendapatkan warna kulit kaki yang rata, kamu bisa membuat masker dari campuran satu buah pisang yang sudah dihaluskan dengan 1 sdm susu dan 1 sdt madu. Kemudian, oleskan pada kaki dan pijat perlahan selama 10 menit. Lalu diamkan selama 20 menit hingga mengering. Bersihkan. Ulangi proses ini setiap minggu.

 

Baca juga: Kaus Kaki Menurunkan Risiko Kaki Terinfeksi Jamur 

Wajah Putih Berseri Hanya dengan Membiasakan 3C?