Ini Dia Nutrisi Penting untuk Rambut Indahmu
02 December 2015
Hidup Seimbangku
Share

Ini Dia Nutrisi Penting untuk Rambut Indahmu

Rahasia rambut sehat yang sesungguhnya, hanya bisa Anda dapat dari dalam yaitu dari asupan Anda setiap hari. Pola makan yang seimbang dan sehat adalah awal rambut yang kuat dan indah. Dengan makan makanan yang seimbang dan sehat akan memberikan semua nutrisi yang Anda butuhkan untuk rambut yang sehat.  Apa saja nutrisi yang Anda perlukan untuk mendapat rambut impian Anda?

1. Zat besi

Zat besi sangat diperlukan untuk membantu pertumbuhan rambut. Kekurangan zat besi dapat menimbulkan kebotakan. Zat besi diperlukan untuk membawa dan mengedarkan oksigen ke folikel rambut. Rambut yang sehat tak hanya membutuhkan nutrisi, namun juga pasokan oksigen yang cukup.

Zat besi bisa Anda dapatkan di sayuran berwarna hijau tua,  minyak ikan dan kuning telur.

2. Protein

Hampir 90% rambut tersusun atas protein. Itulah sebabnya mengapa protein sangat penting dan diperlukan untuk menjaga agar rambut sehat dan kuat. Protein diperlukan untuk menjaga pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh, termasuk sel rambut. Protein membantu memberikan kekuatan pada rambut. Kekurangan protein akan membuat rambut rapuh, mudah patah, rontok, dan timbul uban.

Untuk mencukupi kebutuhan protein, Anda perlu mengonsumsi:  ikan laut, telur, daging ayam, dan kedelai.

3. Vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral sangat vital untuk kesehatan sehari-hari, termasuk untuk kesehatan rambut. Salah satu vitamin yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kekuatan rambut adalah biotin atau grup vitamin B. Contoh mineral yang bagus untuk kulit kepala adalah zinc. Kekurangan mineral ini bisa membuat kulit kepala kering dan berketombe.

Untuk mencukupi kebutuhan berbagai jenis vitamin dan mineral, Anda harus mengonsumsi beragam jenis sayur dan buah minimal lima porsi perhari.

Baca juga : Cara Mudah Merawat Rambut Anda Secara Alami

4. Omega 3

Omega 3 merupakan minyak alami yang membantu untuk menjaga kesehatan kulit kepala sekaligus juga menjaga agar rambut tidak kering. Kekurangan omega 3 akan membuat rambut jadi kusam dan kulit kepala menjadi kering.

Konsumsi makanan yang kaya omega 3 dua kali sehari, seperti ikan, telur, alpukat, dan kacang-kacangan, akan membuat rambut sehat, kuat, lembut, dan indah berkilau.