HILANGKAN RASA GATAL BEKAS GIGITAN NYAMUK DENGAN MUDAH
29 August 2018
Hidup Seimbangku
Share

HILANGKAN RASA GATAL BEKAS GIGITAN NYAMUK DENGAN MUDAH

            Gigitan nyamuk bisa saja mengintai Anda, baik di dalam maupun di luar ruangan, terutama saat cuaca sedang hangat dan lembap. Saat menggigit, nyamuk juga mengeluarkan zat anti-pembekuan. Kemudian, sistem kekebalan tubuh bereaksi dengan melepaskan histamin, yang menyebabkan timbulnya  bentol dan gatal.

            Bagi kita yang berada di lingkungan tropis, perlu diperhatikan, bahwa gigitan nyamuk tidak hanya akan menimbulkan gatal dan bentol, tapi juga beberapa jenis nyamuk dapat menularkan penyakit, seperti Zika, demam berdarah, atau bahkan chikungunya.

            Cara terbaik untuk mencegah gigitan nyamuk secara alami adalah dengan menghindari serangga itu sendiri. Nyamuk tampak lebih tertarik pada orang dengan tubuh lebih besar dan wanita hamil. Nyamuk juga tertarik pada lotion dan parfum yang berbau harum.

            Perlu diketahui, beberapa jenis nyamuk lebih banyak keluar pada saat pagi, sore dan malam hari. Namun, beberapa jenis nyamuk lainnya justru keluar pada saat terpanas di suatu hari. Untuk menghindari gigitan nyamuk, pastinya Anda harus menekan perkembangbiakan mereka, seperti hindari adanya air tergenang, serta jangan biarkan pakaian Anda menumpuk dan mengantung, karena nyamuk menyukai area tersebut.

            Untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan segera, gunakan krim yang mengandung antihistamin. Jika Anda tidak memiliki krim tersebut, dinginkan teh hijau, lalu kompreskan pada area gigitan nyamuk. Ahli kulit dan kecantikan Jessica Wu, MD, asisten profesor klinis dermatologi di University of Southern California, Los Angeles merekomendasikan teh yang didinginkan untuk meredakan rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Menurutnya, dingin dapat membantu meredakan gatal, sedangkan senyawa dalam teh membantu mencegah peradangan.

            Selain teh, Anda juga bisa menggunakan lidah buaya, karena memiliki sifat anti-peradangan, jadi dapat membantu meringankan rasa gatal. Agar lebih maksimal, Anda bisa menggunakan gel lidah buaya yang sudah disimpan di dalam lemari es sebelumnya.

            Anda juga bisa menyilangkan bagian tengah bekas gigitan menggunakan kuku. Tandai bagian tengah gigitan dengan motif X. hal ini dapat menekan rasa gatal dan mengalihkan perhatian terhadap rasa gatal. Namun, jangan menekan kuku dengan terlalu keras, karena akan menyebabkan infeksi pada kulit.

            Daun kemangi juga bisa Anda gunakan. Cukup gosokkan daun kemangi pada bekas gigitan nyamuk untuk menghilangkan rasa gatal. Daun kemangi juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan pembengkakan akibat gigitan nyamuk.

 

Baca juga: KETAHUI PENYEBAB VAGINA SERING GATAL 

KULIT KEPALA GATAL MESKI SUDAH KERAMAS? WASPADA SMELLY HAIR SYNDROM