CARA TEPAT MENGGUNAKAN SUNSCREEN
24 July 2018
Hidup Seimbangku
Share

CARA TEPAT MENGGUNAKAN SUNSCREEN

            Saat beraktivitas, baik di dalam maupun di luar ruangan, sebaiknya Anda melindungi diri dengan sunscreen, karena tanpa kita sadari, kulit kita terpapar dengan sinar UVA dan UVB dari matahari yang tentunya tidak baik bagi kulit.

            Tapi ingat, jangan asal pakai sunscreen! Anda harus memastikan penggunaan sunscreen dengan tepat dan benar. Agar tidak dapat memicu masalah pada kulit di kemudian hari, seperti kanker. Berikut ini terdapat beberapa panduan cara tepat menggunakan sunscreen untuk Anda, seperti:

 

Perhatikan kandungan SPF

Semakin tinggi kandungan SPF pada sunscreen tentunya tidak akan cukup untuk melindungi kulit. Apalagi kandungan SPF lebih tinggi dari 50. Lebih baik gunakan sunscreen dengan kandungan SPF 30.

 

Pilih sunscreen dengan kandungan kompleks

Terdapat dua jenis sinar yang dipancarkan oleh matahari, yakni sinar UVA dan UVB. Sinar UVA dapat merusak kulit pada tingkat yang lebih dalam, sedangkan sinar UVB menjadi penyebab kulit terbakar sinar matahari. Jadi, pastikan Anda menggunakan sunscreen dengan kandungan yang dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

 

Jumlah yang harus digunakan

Tidak sembarangan, untuk melindungi kulit dengan maksimal, pastikan Anda menggunakan sunscreen dengan takaran yang tepat, yakni sebanyak 28 – 30 gram, atau sekitar ¼ takaran sampo yang Anda gunakan.

 

Waktu pemakaian

Untuk mendapatkan perlindungan kulit secara maksimal, sebaiknya jangan langsung keluar setelah menggunakan sunscreen. Gunakanlah sunscreen sekitar 15 – 30 menit sebelum keluar rumah.

 

Area pengolesan

Pastikan Anda mengoleskan sunscreen dengan benar, terutama pada bagian belakang leher, bahu, dada, telinga, tangan, telapak kaki dan berbagai area tubuh lainnya yang kemungkinan terpapar sinar matahari.

 

Oleskan kembali

Jangan lupa mengoleskan kembali sunscreen tiap beberapa jam, terutama jika Anda beraktivitas yang menyebabkan keluarnya banyak keringat, karena sunscreen bisa saja hilang dari kulit Anda, sekalipun tertera ‘tahan air’.

 

Tidak hanya kulit tubuh

Bibir juga harus dilindungi dari bahaya sinar matahari. Lindungi bibir dengan menggunakan lip balm  yang mengandung SPF.

 

Baca juga: DO AND DON’T UNTUK DAPATKAN KULIT CANTIK ALAMI 

untuk Anda yang Ingin Mengencangkan Kulit, Ini Perbedaan Botox dan Filler?