Bisa Jadi Sarang Bakteri, Yuk Rajin Cuci Handuk
08 March 2019
Hidup Seimbangku
Share

Bisa Jadi Sarang Bakteri, Yuk Rajin Cuci Handuk

Yuk Rajin Cuci Handuk Agar Terhindar dari Bakteri 

               Seberapa sering kita menggunakan handuk setiap hari? Meskipun sudah dijemur di bawah sinar matahari handuk tetap akan  tetap lembap. Oleh karena itu, mencuci handuk memang disarankan sesering mungkin apalagi handuk yang diletakkan di tempat gelap dan minim cahaya seperti kamar mandi, pastinya akan memicu banyaknya bakteri.

               Seorang professor patologi dan mikrobiologi di NYU School of Medicine, Philip Tierno, Ph.D mengatakan bahwa kuman termasuk bakteri yang tak sepenuhnya dapat hilang dari tubuh. Oleh karena itu, coba bayangkan kemungkinan bahwa bakteri akhirnya menempel bahkan bersarang di handuk.

                Hal itu yang menyebabkan kita disarankan mencuci handuk sesering mungkin dengan meggunakan air panas agar bakteri pergi tak tersisa. Kita disarankan untuk mengganti handuk setidaknya setelah 3-4 pemakaian agar bakteri tidak bersarang di handuk dan nantinya akan menjadi penyakit seperti jewarat punggung.

                Bahkan seorang professor mikrobiologi dari University of Arizona, Chuck Gerba, Ph.D memaparkan bahwa bakteri di handuk akan terus bertambah setiap harinya selama kita menggunakan handuk tersebut. Dirinya telah melakukan penelitian bersama rekannya dan menemukan fakta bahwa handuk setelah dipakai memiliki bakteri soliform seribu kali lebih banyak dari handuk yang baru, bahkan baru beli sekalipun.

 

 

Tags