Beragam Efek Samping Dari Suntik Botox
09 July 2018
Hidup Seimbangku
Share

Beragam Efek Samping Dari Suntik Botox

            Botox merupakan bahan yang biasa digunakan untuk mengencangkan kulit, dibuat dari botulinum toxin tipe A yang diproduksi oleh bakteri Clostridium botulinum. Ketika disuntikkan, botox akan mencegah otot berkontraksi, sehingga akan memperbaiki garis halus dan keriput pada kulit. Wanita hamil dan menyusui sangat tidak disarankan untuk melakukan suntik botox.

            Selain terkenal untuk mengurangi garis halus dan keriput pada wajah, botox juga bisa digunakan untuk migrain kronis, kejang leher, keringat berlebih dan berbagai masalah yang berhubungan dengan kondisi otot.

            Meksipun suntikan botox cenderung relatif aman, tapi botox juga memiliki efek samping, seperti nyeri, bengkak hingga memar bagian bekas suntik, sakit kepala, demam, serta panas dingin. Jika botox disuntikan di area mata, efek samping yang akan timbul, seperti kelopak mata terkulai, alis menjadi tidak rata, mata kering, hingga luka robek bekas suntikan yang cukup besar. Sedangkan, jika suntikan berada di sekitar mulut akan mengakibatkan bentuk senyuman yang tidak simetris, hingga mengeluarkan air liur. Efek samping tersebut biasanya bersifat sementara dan akan menghilang dalam beberapa hari.

            Berdasarkan sebuah studi yang mengamati 45 peserta selama 12 tahun, para peserta secara teratur menerima suntikan botox. Selama waktu ini, terdapat 20 kasus menunjukkan efek samping yang umum dirasakan, seperti kesulitan menelan, kelopak mata terkulai, leher menjadi lemas, mual, muntah, penglihatan kabur, kesulitan mengunyah, suara serak dan kesulitan berbicara.

            Dalam beberapa kasus, efek samping yang ditimbulkan bisa saja berlebihan, seperti kesulitan berbicara, sulit menelan, sulit bernafas, masalah penglihatan dan kehilangan kontrol kandung kemih. Jika sudah begitu, sebaiknya segeralah hubungi dokter.

 

Baca juga: untuk Anda yang Ingin Mengencangkan Kulit, Ini Perbedaan Botox dan Filler 

PANDUAN TEPAT MELAKUKAN PERAWATAN WAJAH DI RUMAH