ADAKAH PENGARUH SUARA ALARM TERHADAP KUALITAS BANGUN TIDUR DI PAGI HARI?
28 August 2018
Hidup Seimbangku
Share

ADAKAH PENGARUH SUARA ALARM TERHADAP KUALITAS BANGUN TIDUR DI PAGI HARI?

            Tidur terlalu larut atau terlalu kelelahan sebelum tidur bisa mengakibatkan seseorang menghabiskan waktu yang lebih lama untuk tidur. Namun, jika keesokan harinya orang tersebut harus mengerjakan aktivitas lain, seperti bekerja ataupun kuliah, tentunya sangat mengkhawatirkan jika menyebabkan orang tersebut terlambat bangun. Jadi, sebagian besar orang memilih menyalakan alarm pada malam hari sebelum tidur untuk mencegah terlambatnya bangun di pagi hari.

            Tidak bisa dipungkiri, suara alarm yang cukup bising dapat mengganggu waktu kita sedang beristirahat. Walaupun tujuan utama penggunaan alarm adalah untuk membangunkan dan menjaga Anda agar tidak terlambat bangun, tapi sebaiknya pilihlah suara alarm yang tidak akan mengagetkan Anda.

            Menurut seorang ahli tidur, Michael J. Decker, Ph.D., profesor di sekolah keperawatan di Case Western Reserve University, pemilihan suara alarm yang tepat dapat membuat Anda memulai hari lebih menyenangkan, serta mengarah kepada bangkitnya semangat untuk memulai aktivitas.

            Sebuah penelitian kecil yang dilakukan oleh tim peneliti asal Inggris pada tahun 2003 mencatat bahwa, penggunaan alarm dengan tambahan efek lampu dapat meningkatkan kadar kortisol, sehingga tubuh akan cenderung lebih stress pada hari tersebut.

            Hampir 60 persen orang dengan rentang usia antara 16 – 34 tahun memilih untuk menggunakan alarm dalam ponsel. Berdasarkan penelitian, tidak ada salahnya menggunakan alarm yang terdapat di dalam ponsel, namun lagi-lagi Anda harus memperhatikan pemilihan lagu untuk alarm Anda. Pemilihan lagu yang salah, terutama bernada bising, dapat memicu seseorang menjadi lebih pemarah dan merasa menjalani hari mereka lebih buruk.

            Jadi, pikirkan kembali pemilihan nada dan lagu yang akan Anda gunakan pada alarm. Jika Anda tidak ingin memulai dan menjalani hari dengan stres, kesal dan rasa marah.

 

Baca juga: Suara Serak? Obati Dengan Cara Sederhana Ini, Yuk! 

Manfaat Tidur Tanpa Lampu Menyala Bagi Kesehatan